Metode BBS: Cara Simpel Budayakan Literasi ala Keluargaku

Berbicara mengenai literasi, kita pasti langsung membayangkan kegiatan membaca buku. Banyak sekali kata mutiara bertemakan membaca, misalnya Membaca adalah Jembatan Ilmu, Buku adalah Jendela Dunia, hingga kalimat mutiara dari wakil presiden pertama kita yaitu Bapak Muhammad Hatta yang berbunyi "Aku Rela Dipenjara Asalkan Bersama Buku, Karena dengan Buku Aku Bebas"

Masih banyak lagi kata mutiara mengenai pentingnya membaca. Namun sayang sekali, kata mutiara tersebut masih belum mempan bagi sebagian besar masyarakat di negara kita, tingkat minat membaca di negara kita masih rendah. Menurut beberapa survey, negara kita termasuk golongan negara dengan minat baca terendah. Miris banget kan sob! 

Manfaat Membaca Buku

Di sisi lain padahal, kegiatan membaca memiliki segudang manfaat. Adapun manfaat dari membaca akan kita bahas sebagai berikut: 

Pertama, Meningkatkan Kecerdasan
Peneliti Anne Cunningham dan Keith Stanovich menyatakan bahwa tingginya jam terbang dalam membaca, seseorang dapat memperkaya kosakata dan kemampuan membacanya. Selain itu, menurut penelitian  dari University of Edinburgh dan King’s College London, kemampuan membaca yang sudah dibangun dari usia belia mampu meningkatkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan.

Kedua, Terhindar dari Penyakit Alzheimer
Salah satu penyakit yang banyak diserang para lansia adalah penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri yaitu penyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, aktivitas sehari-hari sangat berpengaruh terhadap fungsi kerja otak dan mengurangi efek Alzheimer pada 32 persen penderitanya. Salah satu aktivitas yang dapat mencegah Alzheimer adalah membaca buku loh!

Ketiga, Mengurangi Stress
Stres dapat menghampiri kapan saja. Menurut penelitian National Academy of Sciences, stres ringan saja dapat merusak pengendalian emosi seseorang. Di sisi lain para peneliti dari University of Sussex mengungkapkan jika level stres dapat berkurang hingga 68 persen hanya dengan meluangkan enam menit membaca. 

Keempat, Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan olahraga agar tetap bugar, otak manusia juga perlu berolahraga.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang.

Kelima, Memperpanjang Hidup
Yang terakhir, berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup lebih lama. Mengapa buku? Bagaimana dengan koran atau majalah? Peneliti yakni Avni Bavishi, mengatakan jika buku lebih mengikat dan mudah membaur dengan pikiran para pembaca. 

Metode BBS

Melihat segudang manfaat tersebut tentu idelanya kita harus meningkatkan minat baca kita. Peran keluarga dalam hal ini para orangtua sangatlah penting khususnya dalam membudayakan literasi pada diri anak-anak.

Namun permasalahan yang baru datang lagi, tidak sedikit para orangtua masih kebingungan mencari tau mengenai tips membudayakan literasi dalam keluarganya. Nah, untuk menghilangkan kebingungan sobat, dalam postingan ini saya sedikit berbagai nih mengenai sebuah metode yang orang tua saya buat dan terapkan dalam mendidik kami agar senang membaca.

Metode tersebut kami namakan dengan Metode BBS. Apa itu Metode BBS? Bagaimana sistem kerjanya?.
Jadi sobat, Metode BBS merupakan singkatan dari Metode Baca Buku Sebelum. Metode BBS ini cukup ampuh lo dalam mendidik saya dan adik saya untuk menyukai kegiatan literasi, walaupun diawali dengan adanya paksaan dan tekanan, namun lama kelamaan Metode BBS dalam keluarga saya sudah seperti rutinitas sehari-hari lo. Mau tau apa saja Metode BBS itu apa? pembahasannya sebagai berikut:

#1 Baca Buku Sebelum Makan
Dalam keluarga kami, untuk memanfaatkan waktu lenggang menunggu makanan datang, baik ketika sarapan berangkat sekolah maupun makan siang, kami mengusahakan untuk membaca Buku lo sobat, walaupun hanya 5 menit saja.

#2 Baca Buku Sebelum Nonton TV
Oh ya sobat, ini peraturan ibu saya yang buat lo. Dilarang menonton TV sebelum kita membaca terlebih dahulu. Walau cuma sebentar. Metode yang satunya ini lumayan ampuh lo sobat dalam menahan kemauan adik saya menonton anime di TV.

#3 Baca Buku Sebelum Tidur
Nah kalau hal ini wajib, orangtua selalu mengawasi kami untuk membaca buku sebelum tidur. Baik saat mengerjakan tugas sekolah yang belum terselesaikan atau dalam keadaan sedang bebas tugas, membaca buku adalah kegiatan wajib yang kami rutinkan sebelum tidur. Entah itu buku pelajaran, cerita, komik, novel, bahkan hingga koranpun orangtua kami sarankan agar membacanya sebelum tidur. 

#4 Baca Buku Sebelum Mandi
Terkadang menunggu giliran waktu mandi lumayan lama, walaupun ini bukan wajib, orangtua kami selalu menyarankan kami untuk membaca apa saja ketika sedang mengantri giliran mandi.

#5 Baca Buku Sebelum HP
Nah ini ketat banget sob, orangtua kami mewajibkan kami untuk membaca buku sebelum memegang handphone. Karena yang memegang handphone adalah ibu saya. Dan untuk mengambil handphone butuh password, nah passwordnya itu adalah dengan membaca buku minimal 2 lembar lo sob.

#6 Baca Buku Sebelum Keluar Rumah
Tingkat kegelisahan Ibu saya sangat tinggi sob, ketika kami ingin keluar untuk bermain. Saat itulah ibu saya tidak mau membukakan pintu sebelum kami membaca buku terlebih dahulu. 

Kesimpulan

Menurut saya apa yang dilakukan orangtua saya sangat bermanfaat untuk kami, saya sendiri merasakan efeknya sekarang, alhamdulillah membaca buku tidak sebosan yang kami pikirkan dulu, manfaat rutin membaca buku juga saya rasakan waktu saya kuliah mulai dari mental saya yang terbentuk, penguasaan kosakata yang banyak, hingga skill komunikasi saya yang lumayan bagus.

Mungkin sebagian sobat akan berfikir adanya tekanan dan paksaan dalam menerapkan metode BBS ini akan merusak mental anak, namun sobat saya merasakan sendiri sekarang bahwa paksaan itu memang harus ada diawal namun nanti bekas paksaan itu akan hilang kok.

Jadi sobat, begitulah metode BBS yang kami terapkan dalam keluarga kami. Ada banyak cara dan metode yang lain yang mungkin dari sobat, untuk itu kami menunggu komentar sobat mengenai metode yang sobat gunakan dalam membudayakan literasi dalam keluarga.

Namun sobat, apapun metode yang digunakan kita semua memiliki peran penting dalam membudayakan minat membaca, tidak hanya di lingkungan keluarga namun juga lingkungan masyarakat.

Oleh sebab itu, saya mengajak diri saya dan sobat untuk bersama-sama memajukan negeri ini dengan menyuarakan dan membudayakan literasi. Sekian sobat, Salam Literasi!!! Literasi Melangit, Indonesia Bangkit!!!


#SahabatKeluarga #LiterasiKeluarga


Disclaimer: 
Tulisan di atas merupakan karya orisinil penulis (bukan plagiat) yang diikutsertakan dalam Lomba Blog dengan tema "PERAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI" yang diadakan oleh Sahabat Keluarga Kemendikub RI.

Image Source:
- Dokumentasi Pribadi
- Purepng.com

Infografis By:
- Lalu Teguh Jiwandanu

0 Response to "Metode BBS: Cara Simpel Budayakan Literasi ala Keluargaku"

Post a Comment

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel