Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka

Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka

Berbagai kompetensi diharapkan bisa dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Kompetensi yang hendak dicapai tersebut dengan menerapkan proses pembelajaran yang berbasis pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS), antara lain kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja sama, serta kepercayaan diri.

Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Pendidikan Pancasila merupakan pembelajaran berbasis kompetensi untuk mencapai karakter kewarganegaraan (civic disposition), keterampilan kewarganegaraan (civic skill), dan pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge). Kompetensi untuk karakter kewarganegaraan antara lain karakter beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli, jujur, tanggung jawab, serta pembelajar sepanjang hayat. Adapun kompetensi keterampilan kewarganegaraan meliputi kecakapan intelektual seperti kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Kompetensi pengetahuan kewarganegaraan berkaitan dengan hak serta kewajiban sebagai warga negara, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni.

Buku panduan guru ini secara khusus dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di jenjang SMP/MTs Kelas VIII. Buku panduan guru ini berisi panduan proses pembelajaran dari tiap bab dan/atau subbab disertakan juga dengan model pembelajarannya. 

Hadirnya buku ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila. Adapun buku siswa Pendidikan Pancasila menjadi dasar dalam penggunaan buku panduan guru ini. Selain itu, pengembangan buku ini didasarkan pada metode yang relevan dengan pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Kelas VIII serta didasarkan pada alternatif metode pembelajaran lainnya yang mungkin bisa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Prinsip berpikir aras tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) menjadi prinsip dalam pengembangan buku ini. Selain itu, beberapa prinsip mutakhir, yakni konsep pembelajaran abad ke-21 juga digunakan. Konsep pembelajaran abad ke-21 berpusat pada peserta didik dan pembelajaran kontekstual.

Download

Lalu Teguh Jiwandanu
Lalu Teguh Jiwandanu [Sahabat yang paling dekat adalah tulisanmu, maka menulislah]
More About Me

Post a Comment for "Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka"