Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka


Buku Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

Pendidikan Pancasila adalah pendidikan tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. Sebagai negara yang berlandaskan Pancasila, pendidikan Pancasila menjadi sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian bangsa yang kuat, berakhlak mulia, dan bermartabat.

Perlunya buku Pendidikan Pancasila terutama karena buku menjadi salah satu sumber informasi dan materi pembelajaran yang paling penting dalam pendidikan. Buku Pendidikan Pancasila dapat membantu peserta didik memahami nilai-nilai dasar Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa,

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Buku Pendidikan Pancasila juga dapat membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah, filosoi, dan konsep-konsep yang terkait dengan Pancasila, serta memperkuat kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Ada empat elemen dalam materi Pendidikan Pancasila ini, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selain itu, buku Pendidikan Pancasila juga penting untuk membantu guru dalam merencanakan dan mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Dengan memiliki buku Pendidikan Pancasila yang berkualitas, peserta didik dapat belajar dan memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih baik dan mendalam sehingga dapat menjadi generasi yang lebih bermartabat, memiliki karakter yang kuat, dan mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang besar.

Buku teks Pendidikan Pancasila ini adalah salah satu sumber belajar bagi peserta didik. Materi pada buku ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Penulisan buku ini bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan yang tepat sehingga dapat meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang Pendidikan Pancasila, khususnya bagi peserta didik di kelas VII jenjang SMP dan MTs. Materi pada buku ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran yang telah diturunkan menjadi tujuan pembelajaran. Buku ini adalah satu rangkaian dengan buku teks yang digunakan untuk kelas VIII dan IX.

Keunggulan buku ini adalah bahasanya yang mudah dipahami dan disajikan secara sistematis. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh kasus yang dapat membantu peserta didik memahami topik dengan lebih baik. Buku ini juga merupakan buku yang berbasis aktivitas belajar di mana peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas pembelajaran di kelas.

Penulis berharap peserta didik dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat. Semoga buku ini dapat memberikan solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dan dapat menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan, khususnya memahami materi Pendidikan Pancasila di masa sekarang.


Lalu Teguh Jiwandanu
Lalu Teguh Jiwandanu [Sahabat yang paling dekat adalah tulisanmu, maka menulislah]
More About Me

Post a Comment for "Buku Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka"