#AyoHijrah Ke Bank Syariah, Melangkah Bersama Bank Muamalat Indonesia Kelola Finansialmu Jadi Lebih Berkah!


“Sesungguhnya agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanyalah Islam.” 
(QS. Ali ‘Imron [3]: 19)

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” 
(QS. Ali ‘Imron [3]: 85)

Dua penggalan ayat Al-Quran ini, yang tentunya sudah kita ketahui, menegaskan kembali kepada kita bahwa Islam adalah agama yang diridhoi dan diterima di sisi Allah Subhanahuwata'ala. Islam merupakan pedoman hidup yang mengatur semua aspek kehidupan. 

Menjadi remaja memang tidak bisa dihindari. Saat SMA banyak hal-hal buruk pernah saya lakukan, bukan bermaksud membuka aib sendiri, namun saya harapkan dari pengalaman buruk saya dapat menjadi pelajaran berharga untuk orang lain (pembaca). 

Waktu SMA, saya tipe orang yang tidak memilih teman, siapapun itu saya anggap teman saya walaupun itu pemabuk, perokok, hingga penikmat game (gamers),  Alhamdulillah setetespun saya tidak pernah merasakan yang namanya minuman keras ataupun menghabiskan satu batang rokok, semoga saya dan Anda dijauhkan dari kedua hal itu. 

Namun, menghindar dari game adalah hal yang tersulit, mohon maaf, saya suka sekali dengan game, game itu seperti nasi bagi saya (namun itu dulu). Pulang sekolah bukannya langsung pulang, saya langsung menuju warung PS untuk bermain sampai berjam-jam. 

Permainan bola adalah game favorit saya. Rata-rata anak sekolahan dulu senang sekali dengan permainan bola di PS sebelum keluarnya game andorid akhir-akhir ini. 

Kesukaan saya bermain game bola membuat saya terobsesi untuk terus meningkatkan skill saya, berapa banyak sudah uang jajan yang habis, berapa waktu terbuang sia-sia karena game, dan berapa uang habis gara-gara taruhan game. 

Kalau saya ingat masa-masa itu, saya seperti tidak menyangka kenapa saya bisa separah itu. 
***
Masa SMA pun berlalu, namun kesukaan saya akan game masih ada. Hingga Allah menghadirkan seseorang yang merubah kehidupan saya, namanya Gunawan. Dia adalah teman kampus sekaligus teman satu kontrakan saya, yang mengajarkan saya arti sebuah kesederhanaan, mengajarkan saya pentingnya memanfaatkan waktu, mengajarkan saya pentingnya menjaga sholat, mengajarkan saya untuk hijrah, dan bahkan dia yang memberitahukan saya akan adanya riba di sebuah bank konvensional.

Saya sempat dulu mendengarkan ceramah tentang riba dari seseorang ustad yang mengatakan bahwa riba itu lebih buruk dari perbuatan zina. Awalnya saya tidak percaya, kemudian saya searching berbagai sumber, dan ternyata memang benar, riba itu ngeRI BAnget, ini nih 5 bahaya riba yang perlu kita ketahui:

1. Allah tidak akan menerima sedekah, infak dan zakat yang dikeluarkan dari harta riba;
2. Dosa riba yang paling ringan seperti menzinai ibu kandung sendiri;
3. Memakan riba membuat hati keras;
4. Doa pemakan riba sulit terkabul;
5. Riba akan menghilangkan keberkahan harta.

Untuk menghindarinya 5 bahaya diatas, tentunya keberadaan bank syariah sangat kita butuhkan untuk hijrah, menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, terhindar dari bahaya riba. Bank Muamalat Indonesia merupakan bank syariah sebagai solusi bagi Anda yang sudah terlanjur nabung di bank konvensional, sebagai wadah untuk mengelola keuangan Anda menjadi lebih berkah.

Bank Muamalat Indonesia, itu apa sih???

Bisa saja, Anda masih belum tau tentang Bank Muamalat Indonesia. Oleh sebab itu, yuk baca tulisan di bawah ini:
Gedung Bank Muamalat
Sumber : www.bankmuamalat.co.id

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesia”) memulai perjalanan bisnisnya sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada 1 November 1991 atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H. Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Sejak resmi beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produkproduk keuangan syariah seperti Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan di Indonesia.

Adapun pemegang saham Bank Muamalat Indonesia dapat dilihat di infografis dibawah ini:

Sumber : www.bankmuamalat.co.id


1. Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
2. Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
3. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
4. Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.
5. Bank Muamalat sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan #AyoHijrah.

Sesuai dengan arti dari Hijrah yang bermakna untuk “lebih baik” maka #AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Sejak Grand Launching kampanye Ayo Hijrah yang telah dilangsungkan pada 8 Oktober 2018 yang lalu, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. lebih aktif dalam mengajak masyarakat untuk berhijrah, khususnya dalam hal layanan perbankan.

Latar belakang kampanye #AyoHijrah adalah Bank Muamalat Indonesia sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia mencoba memperluas fungsi, dari yang sebatas penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus-menerus meningkatkan diri ke arah ajaran Islam yang baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah). Jadi tidak hanya berhijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola keuangan.

Demikian pula melalui kampanye #AyoHijrah ini Bank Muamalat mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah.

Dengan kampanye #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.
***
Selain itu sekarang Anda tidak perlu repot untuk pergi ke kantor cabang untuk membuat rekening tabungan, Bank Muamalat Indonesia, telah membuat aplikasi #AyoHijrah yang bisa Anda download di smartphone Anda. Setelah Anda download, jangan khawatir yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Komitmen kuat Bank Muamalat Indonesia dalam memberikan produk dan layanan terbaik tercermin dari beragam penghargaan yang diterimanya, baik dari dalam negeri maupun dari dunia internasional.

Untuk lebih memberikan pemahaman kepada kita, yuk perhatikan video dibawah ini:


Emm, cara kerja Bank Muamalat Indonesia gimana sih?

Santai, bagi Anda yang masih ragu dan belum tau cara kerja BMI, yuk kita amati dulu jenis akad dalam Bank Muamalat Indonesia:
Sumber : www.bankmuamalat.co.id
Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa baca di sini:

Gimana sobat? Sekarang sudah tau kan solusi jauh dari riba, #AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia, Jadikan Keuanganmu Jadi Lebih Berkah!


Yuk Kenali Produk dan Program #AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia lebih dalam lagi dengan mengikutinya di:

- Facebook :BankMuamalatIndonesia
- Twitter : @BankMuamalat
- Instagram : @bank.muamalat
- Youtube : Bank Muamalat
- Website : www.bankmuamalat.co.id


Referensi :
https://www.bankmuamalat.co.id/
https://www.bankmuamalat.co.id/profil-bank-muamalat
https://www.bankmuamalat.co.id/seputar-ayo-hijrah
https://rumaysho.com/15352-13-hal-yang-menunjukkan-riba-itu-ngeribanget.html

Sumber Gambar:
- Bank Muamalat
- Penulis

Infografis/Gifanimation:
- Bank Muamalat Indonesia
- Lalu Teguh Jiwandanu


1 Komentar untuk "#AyoHijrah Ke Bank Syariah, Melangkah Bersama Bank Muamalat Indonesia Kelola Finansialmu Jadi Lebih Berkah!"

  1. Semoga kita, keluarga, sahabat, bangsa dan negara bisa hijrah ke bank yang tampa riba, amin

    BalasHapus

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel