3 TIPS MEMPERSIAPKAN ANAK UNTUK MASA DEPANNYA YANG CERAH


Perkembangan zaman yang semakin kompetitif menuntut kita agar mempersiapkan anak kita untuk menghadapi masa depannya. Tentu saja mempersiapkan anak sedini mungkin penting untuk dilakukan dan tidak lepas dari peran keluarga.

Adapun 3 Tips Mempersiapkan Anak Untuk Masa Depannya Lebih Cerah

1. Berikan Makanan Yang Bergizi
Anak yang memiliki badan yang sehat adalah harapan semua orang tua, dengan memberikan makanan yang bergizi akan membuat anak kita memiliki badan yang sehat.

2. Ciptakan Lingkungan Yang Ramah
Lingkungan sangat memiliki efek bagi anak, minat dan bakat anak dapat dipengaruhi oleh lingkungannya, mempersiapkan dan menciptakan lingkungan yang ramah untuk anak dapat membuat pertumbuhan jasmani maupun rohani anak menjadi baik.

3. Berikan Pendidikan Yang Berkualitas
Badan yang sehat dan lingkungan yang ramah tidak cukup untuk mempersiapkan anak meraih masa depannya yang cerah, peran orang tua memberikan pendidikan yang berkualitas sangat penting sekali sehingga anak nantinya dapat menjadi individu yang siap menghadapi dunianya. Peran orang tua dalam memilih sekolah yang tepat adalah kunci utama dalam memberikan pendidikan bagi anak.

Namun pertanyaan selanjutnya, apakah sekolah itu penting untuk anak? Tentu saja sekolah sangat penting untuk anak, salah satunya yaitu pra-sekolah (PAUD / TK) yang memiliki fungsi tidak hanya untuk mengembangkan intelektual namun juga emosional anak.

Dalam memilih pra-sekolah, orang tua perlu memperhatikan kriteria pra-sekolah yang terbaik untuk anaknya, sehingga peluang mempersiapkan masa depan anak yang lebih cerah terbuka lebar. Adapun 3 hal atau kriteria yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Program dan Beban Belajar

Dunia anak adalah dunia bermain. Jadi, jangan paksakan anak untuk belajar “serius” terlalu dini. Pembelajaran orang dewasa dan anak-anak pun berbeda. Pada masa anak-anak, sel otak masih giat untuk berkembang. Permainan bagi anak adalah pembelajaran terbaik, karena saat bermain sel-sel otak anak akan terangsang dan tumbuh semakin baik.

Penelitian dalam bidang Neurosince mengungkapkan bahwa, otak seorang anak akan terus berkembang hingga dia berusia 14 tahun.Sedangkan bagian syaraf otak yang tidak pernah dilatih akan “mati” dengan sendirinya.

Pada saat bermain, bagian otak anak akan terstimulus dan memicu terbentuknya sinaps yaitu hubungan antar cabang otak. Semakin banyak sinaps yang terbentuk, maka otak akan semakin terlatih dan memiliki kemampuan yang kompleks. Sinaps dapat terbentuk dengan rangsangan yang berulang, konsisten, dan bervariasi. Dalam hal ini, bermain membuat otak anak mengalami rangsangan berulang, bervariasi, dan konsisten.

Pada saat memilih sekolah, penting untuk mengetahui program pendidikan dan beban belajar untuk si kecil. Sekolah dengan beban pelajaran formal yang ringan, yang diajarkan dengan metode permainan, akan jauh bermanfaat bagi anak.

2. Metode Belajar

Perkembangan sekolah yang pesat turut diimbangi dengan metode belajar yang ditawarkan. Dewasa ini ada metode sekolah yang menawarkan konsep belajar experientiallearning alias konsep belajar berdasarkan pengalaman.

Di sekolah ini, anak-anak akan melihat dan mengalami langsung apa yang akan dipelajarinya. Contohnya saja, pada saat akan belajar tentang buah, anak-anak akan diajak ke kebun buah untuk melihat secara langsung dan mempelajarinya. Lingkungan belajar anak hampir sebagian besar dilakukan di lingkungan terbuka. Salah satu sekolah yang mempraktikkan metode ini adalah sekolah alam.

Dalam memilih metode belajar yang baik, sesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan minat anak. Kebutuhan anak hiperaktif yang memiliki energi ekstra tentu berbeda dengan anak-anak yang mudah lelah yang memiliki tenaga terbatas. Kebutuhan anak yang introver pasti berbeda dengan anak yangekstrover.

3. Kualitas Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik yang berkualitas adalah tenaga pendidik yang memiliki kreativitas tinggi. Tenaga pendidik diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif, mampu membangun ketertarikan anak, dan membangun sistem belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Selain itu, tenaga pendidik diharapkan dapat memberikan perhatian yang sama pada seluruh peserta didiknya. Perbandingan jumlah peserta dan tenaga pendidik dapat pula dijadikan pertimbangan tambahan saat memilih prasekolah.

Melihat tips dan kriteria prasekolah yang dibahas diatas, tentunya para orang tua akan sulit mencari sekolah yang sesuai dengan kriteria diatas untuk anaknya. Namun tenang, Apple Tree Pre - School BSD adalah solusi terbaik untuk memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak anda.

Apple Tree Pre-School BSD adalah lembaga pendidikan pra sekolah dengan tujuan untuk untuk mengembangkan pertumbuha intelektual, fisik, sosial dan emosional anak. Pra sekolah yang sudah beridiri sejak tahun 2000 ini memiliki visi untuk mendidik anak agar bisa berprestasi dengan baik secara akademis melalui pengalaman belajar. 


Apple Tree Pre-School BSD tidak hanya merupakan sekolah seperti pada umumnya, namun  Apple Tree Pre-School BSD memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak Anda yaitu pengalaman belajar dengan permainan yang menarik, menyediakan makanan yang sehat yang sesuai dengan usia anak anda yang tentunya bernutrisi dan disukai, sekolah yang memang dirancang untuk anak usia dini, dan tentunya keselamatan anak Anda adalah nomor satu, karena Apple Tree Pre-School BSD menjamin hal itu. 


Selain itu, Apple Tree Pre-School BSD menggunakan kurikulum terbaik di Asia yaitu kurikulum Singapur yang tidak hanya untuk perkembangan intelektual anak, namun di semua aspek (pengetahuan, keterampilan dan sikap). Adapun bidang studi yang ada yaitu:



Beda usia, beda kebutuhan. Apple Tree Pre-School BSD memiliki beberapa kelas yang cocok untuk usia Anda, jadi jangan khawatir, semua guru, metode pembelajaran dan ruangan kelas disesuaikan dengan tingkatan perkembangan anak.


Tunggu apalagi, yuk daftarkan anak Anda di Apple Tree Pre-School BSD.

#appletreebsd







1 Response to "3 TIPS MEMPERSIAPKAN ANAK UNTUK MASA DEPANNYA YANG CERAH"

  1. Mantab broooo, generasi muda Indonesia memang harus segera diperkenalkan dengan hal hal baru tapi dengan catacat tetap menjagan kultur budaya lokal

    ReplyDelete

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel