BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN



Download Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk PAUD TK SD SMP SMA SMK. Seiring dengan mulai diterapkan Kurikulum Merdeka dan telah diberlakunya Standar Proses serta Standar Penilaian yang baru, Implementasi Kurikulum 2013 juga mengalami penyesuaian salah satunya dengan terbitnya Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum, dan pengembangan pembelajaran. Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk PAUD TK SD SMP SMA SMK disusun untuk menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen Kurikulum 2013 dengan standar nasional pendidikan yang baru, yaitu standar proses dan standar penilaian.

Penyusunan Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah ini bertujuan untuk memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen sesuai dengan regulasi terbaru.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas menganalisis Kompetensi Dasar dan cara mencapai Kompetensi Dasar tersebut sebagai tujuan pembelajaran. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian Kompetensi Dasar. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Dalam Kurikulum 2013, Pemerintah menetapkan Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar (KI/KD) yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler. Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis Kompetensi Dasar, merumuskan tujuan pembelajaran secara mandiri dan menyusun alur tujuan pembelajaran bagi sekolah yang memilih untuk melakukannya, mengembangkan langkah-langkah pembelajaran yang terdiferensiasi, serta mengembangkan asesmen pada awal dan akhir pembelajaran yang dikemas dalam dokumen perencanaan pembelajaran. Perencanaan serta pelaksanaan asesmen dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. Panduan Pembelajaran dan Asesmen difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler.

Adapun Sasaran Pengguna Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk PAUD TK SD SMP SMA SMK adalah sebagai berikut:

  • Pendidik, panduan pembelajaran dan asesmen ini digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Kepala sekolah, panduan ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.
  • Pengawas diharapkan berperan mendampingi kepala sekolah. Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses pembelajaran (tidak hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. Pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi, dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.
  • Komunitas belajar (MGMP, KKG, Guru Penggerak, dll), panduan ini dapat berguna untuk bahan diskusi, memantik berbagai ide dalam pembelajaran, dll.

Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk PAUD TK SD SMP SMA SMK ini dikembangkan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan direktorat terkait. Sebagai dokumen hidup, panduan ini masih terus dikembangkan.

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (disini)

Demikian informasi tentang Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013 Untuk PAUD TK SD SMP SMA SMK. Semoga ada manfaatnya.

0 Response to "BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN"

Post a Comment

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel