Berkolaborasi Membangun Negeri

"Negeri yang hebat terlahir dari Bangsa yang kuat, Bangsa yang kuat terlahir dari Bangsa yang bersatu."

Tepat 77 tahun yang lalu, negara kita memproklamasikan kemerdekaannya melalui Bapak Proklamator kita tercinta yaitu Bapak Ir. Seokarno. Tentu, peristiwa tersebut tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya "Persatuan", "Kebersamaan", dan "Gotong Royong" para pahlawan kita yang lainnya.

Sumber : www.perpusnas.go.id

Sejarah membuktikan, sejak dulu hingga sekarang, bangsa kita adalah bangsa yang pluralis, bangsa yang majemuk, bangsa yang memiliki suku, agama, ras dan antargolongan yang beranekaragam.

Sumber: indonesiabaik.id

Walaupun nenek moyang kita memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Disitulah letak "kekuatan" yang membuat negara lain kagum dan bahkan takut dengan Bangsa kita yang bisa bersatu padahal berbeda-beda. "Bhinneka Tunggal Ika".

Namun sangat disayang, akhir-akhir ini lambat laun sangat dirasakan sekali "persatuan" kita mulai memudar. Semangat kesetiakawanan dan persatuan tidak lagi seperti dulu. Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi membuat kita mudah terprovokasi yang mengakibatkan perpecahan antar golongan.

Menurut hasil survey Katadata Insight Center (KIC), hampir 60 % orang Indonesia terpapar hoaks saat mengakses dan berkomunikasi di dunia maya, sementar hanya 21% sampai 36% yang mampu mengenali hoaks.

Ditambah, dengan adanya pandemi yang pernah terjadi, kebijakan PPKM dan Lock Down dimana-mana menyebabkan rendahnya interkasi penduduk berimplikasi kepada menurunya jiwa kebersamaan, kesetikawanan, kebersamaan kita.

Oleh sebab itu, saya mengajak diri saya sendiri, dan teman teman-teman, mari kita bersama-sama berkolaborasi membangun negeri, mari kita bangkit kembali bermsa membangun bangsa, bertransformasi menjadi bangsa yang lebih sehat, kuat dan sejahterea.

Tentu semua takkan terwujud tanpa adanya dukungan dari pemerintah, oleh sebab itu salah satu kementrian di negara kita, yaitu Kementrian Sosial Republik Indonesia (kemensosri) melalui Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diharapkan mampu menjadi momentum untuk menguatkan kembali semangat peduli, berbagi dan toleransi serta solidaritas bersama.

Dari saya sendiri, inilah beberapa kita-kiat kita untuk bangkit bersama membangun bangsa yang lebih kuat, antara lain:


1. Mendukung Program Pemerintah

Semakin tingginya dukungan kita terhadap program pemerintah dapat meningkatkan kesuksesan program tersebut.

2. Bayar Pajak

Sumber pendapatan utama negara kita adalah pajak, untuk itu jangan lupa untuk membayar pajak ya teman-teman.

3. Kemandirian Berwirausaha

Menjadi salah satu pengusaha UMKM dapat bekontribusi juga untuk pembangunan bangsa.

4. Bersaing pada 8 Profesi MEA

Negara kita sudah masuk menjadi anggota Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), bagi teman-teman yang masih Sekolah, yuk bercita-cita menjadi salah satu di antara 8 Profesi MEA di atas.

5. Meraih Pendidikan yang Tinggi

Ayo teman-teman, mari kita bersama-sama meraih pendidikan tertinggi, ada beasiswa LPDP lo. Karena peradabaan bangsa yang baik diawali dari pendidikan bangsanya yang baik pula.

Dan yang terakhir, saring sebelum di sharing ya teman-teman, semua informasi yang di dapatkan. Sekian dari saya, ayo bersama-sama berkolaborasi membangun negeri, bangkit bersama membangun bangsa yang lebih sejahtera. Salam. Semoga bermanfaat.


Referensi:

- https://www.beritasatu.com/news/700917/survei-kic-hampir-60-orang-indonesia-terpapar-hoax-saat-mengakses-internet
- https://id.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdekaan_Indonesia
- https://indonesiabaik.id/infografis/kita-indonesia-satu-dalm-keberagaman

0 Response to "Berkolaborasi Membangun Negeri"

Post a Comment

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel