(Asian Games "Bukan" Sekedar Games) Dukung Bersama Asian Games 2018


#dukungbersama
Sebagai manusia, kita tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Begitupun sebuah negara tidak akan bisa maju tanpa adanya negara lain. Berbagai cara dilakukan suatu negara untuk dapat saling menguntungkan dengan negara lain, baik itu dengan melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi, kerjasama dalam bidang politik, kerjasama dalam bidang pendidikan, ataupun dengan cara melakukan kerjasama lainnya.

Salah satu cara yang juga dapat dilakukan oleh suatu negara untuk dapat saling menguntungkan adalah dengan mengadakan sebuah event internasional.

Event internasional antar negara Asia akan diselenggarakan sebentar lagi. Event tersebut adalah Asian Games, yang akan diselenggarakan di negara kita tercinta ini, awalnya Vietnam ditunjuk sebagai tuan rumah, namun karena krisis ekonomi membuat Vietnam mengundurkan diri. Pelaksanaan Asian Games 2018 dijadwalkan mulai pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018 di tiga lokasi yaitu Jakarta, Palembang, dan Jawab Barat. Sebuah event internasional yang menjadi sebuah kebanggaan bagi negara kita. 

Namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa event internasional Asian Games ini hanya untuk meningkatkan kualitas di bidang olahraga saja, awalnya saya juga beranggapan seperti begitu. Namun setelah saya mengetahui manfaat atau keuntungan Asian Games saya berani mengatakan bahwa "Asian Games Bukan Sekedar Games".

Sejak ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Komite Olimpiade Asia pada September 2014, pemerintah negara kita sangat serius mempersiapkan pelaksanaan Asian Games 2018. Hal ini mengingat manfaat  atau keuntungan yang bisa diperoleh dari pelaksanaan Asian Games 2018, yang tidak hanya sebatas di bidang pembinaan olahraga nasional, melainkan dibidang lainnya:


Pertama, Pembangunan Infrastruktur Negara. Ditunjuknya negara kita menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada tahun 2014 lalu, pemerintah negara kita tentunya harus membuktikan diri dengan mempersiapkan infrastruktur berkualitas untuk event internasional ini, tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur tersebut diharapkan bermanfaat jangka panjang bagi generasi penerus. Hal ini pernah disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas tanggal 18 April 2017 silam.

Kedua, Menambah Devisa Negara. event Asian Games 2018 ini diperkirakan akan menyedot perhatian 3 jutaan wisatawan mancanegara, yang diperkirakan akan berlibur juga ke destinasi wisata di Indonesia.

Ketiga, Eksis di Mata Dunia.  Hak siar yang sudah dibeli oleh China, Jepang, Korea, Qatar, dan Amerika Latin juga akan membawa nama Indonesia menjadi sorotan di dunia. Asian Games 2018 inilah momentum tepat untuk negara kita menunjukkan dirinya bahwa negara kita mampu menyelenggarakan event besar kedua di dunia ini.

Keempat, Menguntungkan Pelaku UKM . Sama seperti halnya menambah devisa negara, para wisatawan mancanegara juga diperkirakan akan membeli produk-produk tradisional Indonesia. Yang kemudian tidak lain akan memberikan keuntungan bagi para pelaku UKM.

Kelima, Pemersatu Bangsa Indonesia. Negara kita saat ini sedang hangat-hangatnya sering terjadi konflik bernuansa SARA. Nah, Asian Games 2018 ini diharapkan mampu sebagai momentum  pemersatu bangsa.

Keenam, Pemersatu Negara Asia. Tidak hanya sebagai momentum yang tepat sebagai pemersatu bangsa, namun Asian Games 2018 juga sebagai momentum Pemersatu Negara se-Asia. Menguatkan kedekatan negara kita dengan negara Asian lainnya.

Itulah 6 keuntungan yang bisa didapatkan oleh negara kita selaku sebagai penyelenggara Asian Games 2018. Namun, semua keuntungan-keuntungan di atas “tidak akan bisa terwujud”, tanpa adanya dukungan langsung dari masyarakat Indonesia. Maka dari itu, perlu juga kita tau apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk ikut mendukung Asian Games 2018. 

Inilah 6 cara sebagai bentuk dukungan kita kepada negara menjadi tuan rumah Asian Games 2018:

Pertama, Ikut dalam Pengarakan Obor. Memeriahkan pengarakan obor atau Torch Relay Asian Games 2018 adalah cara sederhana sebagai wujud dukungan kita kepada negara sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Foto saya saat menunggu Torch Relay Asian Games 2018 di Kota Mataram - NTB


Kedua, Mengikuti Quiz Asian Games 2018. Selain memeriahkan Torch Relay Asian Games 2018, cara yang lain sebagai wujud dukungan kita kepada negara selaku tuan rumah adalah mengikuti quiz- quiz yang bertemakan Asian Games 2018.

Ketiga, Ikut membeli Produk UKM. Asian Games 2018 tidak hanya tempat kompetisi olahraga, namun Asian Games 2018 juga momentum yang tepat untuk mempromosikan produk UKM, oleh sebab itu, selain para wisatawan mancanegara, ikut membeli produk UKM juga merupakan wujud dukungan kita kepada negara sebagai tuan rumah.

Keempat, Ikut Menjadi Penonton Langsung. Menonton secara langsung juga merupakan wujud dukungan kita kepada negara sebagai tuan rumah Asian Games 2018, selain itu menonton secara langsung memberikan efek positif bagi atlet Indonesia.

Kelima, Menyebarluaskan Asian Games di Media Sosial. Selain empat cara diatas, menyebarluaskan event Asian Games 2018 di media sosial merupakan cara sederhana sebagai bentuk dukungan kita kepada negara menjadi tuan rumah Asian Games 2018. 

Jadi sobat, itulah 6 keuntungan dan 5 cara kita sebagai wujud dukungan kita kepada negara menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ayo kita dukung bersama Asian Games 2018.

#dukungbersama #asiangames2018


Referensi:

0 Response to "(Asian Games "Bukan" Sekedar Games) Dukung Bersama Asian Games 2018"

Post a Comment

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel