8 Keuntungan Ikut Organisasi Kampus

Hay sobat mahasiswa, pernahkah sobat mendengar “Kuliah tanpa Berorganisasi ibarat sayur tanpa Garam”, 





Ya sebuah kalimat yang agak familiar di kalangan para mahasiswa.

Namun apakah sobat tau apa maksud dari kalimat tersebut???

Ya betul sobat, maknanya adalah Kuliah Akan Kurang Enak Rasanya Tanpa Ikut Organsisasi.

Namun sobat, sekedar hanya mengetahui makna dari kalimat tersebut masih kurang cukup.

Nah oleh sebab itu, admin akan berbagi informasi mengenai 8 keuntungan ikut oraganisi kampus (yang bisa sobat dapatkan):

1. Mendapatkan Ilmu Tambahan
Hanya kuliah saja apakah cukup?, menurut admin masih kurang, karena pada hakikatnya ilmu tidak hanya di kelas saja. Setiap organisasi memiliki agenda diskusi, di dalam diskusi terdapat pembahasan yang membutuhkan refrensi, baik dari buku atau sumber belajar lainnya. Dan terkadang, apa yang didapatkan di organisasi lebih luas dari apa yang didapatkan di perkuliahan.

2. Terbentuk Mental
Jika sobat termasuk mahasiswa yang bermental penakut seperti admin, admin sarankan untuk ikut organasisi, baik organisasi internal maupun eksternal kampus. Kenapa begitu?? Ya, kebiasaan akan kegiatan organiasi seperti diskusi, presentasi, mengeluarkan pendapat, bersosialisasi tersebut dapat membentuk psikis atau mental sobat. Buktikan saja.

3. Berbicara Lancar
Presentasi adalah salah satu cara dosen melihat dan menilai kompetensi sobat. Dan tentunya, berbicara lancar adalah salah satu acuan baik atau kurang baiknya suatu Presentasi. Dengan ikut berorganisasi, akan melatih sobat untuk berbicara dengan lancar.

4. Mudah Berbaur dengan Masyarakat
Ya sobat. Mahasiswa berasal dari masyarakat dan akan kembali kepada masyarakat. Dengan ikut organisasi sosial akan membuat sobat mengetahui cara beradaptasi yang baik dengan masyarakat.

5. Kritis
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kritis bisa diartikan “tajam dalam penganalisisan”.

Apakah kritis itu baik?. Ya, kritis itu baik. Berfikir kritis membuat kita mengetahui kelemahan dan kelebihan diri. Dari kelemahan itu lahirlah evaluasi diri (memperbaiki diri).

Ada beberpa organisasi baik internal maupun eksternal kampus visioner terhadap keaadaan masyarakat, dengan berorganisasi sobat akan lebih mengetahui keadaan sebenarnya di masyarakat. Tidak hanya itu, dengan ikut berorganisasi juga membentuk sobat kritis terhadap kebijakan kampus/pemerintah.

Jika ada kebijakan kampus/pemerintah yang melenceng, sobat bisa kritis terhadapanya dan tidak apatis (tidak mau tau). Namun kritis disini dengan cara yang baik ya, dengan memperhatikan aturan-aturan yang ada dan nilai-nilai kehidupan.

6. Mendapatkan Pengalaman
Sobat pasti pernah dengar Experience is The Best Teacher, ya kalimat ini ada benarnya juga, ada juga yang mengatakan bahwa Pengalaman adalah Harta. Sah-sah saja jika setiap orang memiliki perspektifnya masing-masing mengenai arti Pengalaman. Namun yang terpenting adalah mencari pengalaman yang banyak. Dengan ikut organisasi, sobat lebih banyak memiliki pengalaman dibandingkan dengan sobat yang sama sekali tidak berorganisasi.

7. Mendapatkan Sahabat dan Keluarga Baru
Tidak hanya mendapatkan pengalaman saat berogransisi, hal yang paling nikmat juga adalah memiliki sahabat baru dan tentu keluarga baru, terkadang sesama satu organisasi, saling mengunjungi rumah adalah tradisi indah untuk menguatkan tali persaudaraan.

8. Mendapatkan Uang
Banyak sekali perlombaan antar mahasiswa, antaralain Lomba Essai, Karya Tulis Ilmiah, Cipta Puisi, Futsal, Voli dll. Dengan ikut di organisasi yang mampu menunjang sobat untuk mengikuti beberapa contoh perlombaan diatas, sobat bisa saja mendapat uang, dengan syarat tentunya sobat harus menjadi Juara.

Kesimpulan: 
Berorganisasi tidak hanya memberikan 8 keuntungan saja bagi sobat, masih banyak keuntungan yang lain yang bisa sobat dapatkan. Dan yang terpenting pilihlah organisasi yang mampu membuat sobat lebih baik, baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Belum ada Komentar untuk "8 Keuntungan Ikut Organisasi Kampus"

Posting Komentar

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel