Insto Dry Eyes Solusi Mengatasi Mata Kering Saat Skripsian

Insto Dry Eyes

Bye Mata Kering - Hay sobat apa kabar hari ini? semoga sehat selalu ya sobat. Berbicara mengenai kesehatan tentu semua orang menginginkan tubuh yang sehat, apalagi pada zaman sekarang ini kesehatan sangatlah penting, tingkat kompetitif di dunia kerja semakin meningkat, para pembuka lowongan pekerjaan tidak hanya mencari pekerja berdasarkan kemampuan intelektual saja, namun juga sikap yang baik dan penampilan yang sehat serta rapi, keadaan itulah yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Pada zaman sekarang ini juga hampir semua jenis pekerjaan atau kegiatan dipermudahkan dengan kemajuan teknologi, contoh langsung adalah tulisan di blog ini, saya menggunakan laptop untuk menulis, yang kedua adalah sobat membaca blog ini mungkin dengan smartphone kesayangan sobat. Bahkan di kampung tempat saya tinggal, hampir semua anggota keluarga memiliki gawai mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Ini menandakan bahwa gawai tidak hanya digunakan oleh orang kota saja dan tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja.

Alasan penggunaan gawai satu orang dengan orang lain memiliki perbedaan masing-masing, ada yang menggunakannya untuk pekerjaan kantornya, ada yang menggunakan untuk bisnis, ada yang menggunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah, atau hanya untuk hiburan saja seperti main game online atau menonton youtube. Saya sendiri menggunakan gawai untuk main game, mencari informasi dan berselancar di media sosial.

Namun apapun alasan dibalik itu semua, penggunaan gawai secara berlebihan dapat mempengaruhi kualitas kesehatan kita. Saya pun pernah merasakan sendiri bagaimana gawai yang saya gunakan mempengaruhi kesehatan saya. Banyak game online keren yang baru-baru ini keluar merasuki jiwa muda saya, main game sampai tengah malam pun tidak cukup, pagi sudah menjadi malam (waktu tidur), dan malam menjadi siang (waktu main game). 

Pagi itu sekitar jam 10, saya bangun, kepala pusing sekali, terasa dunia berputar-putar, saya pun muntah di kasur, orang tua saya kaget dan langsung membawa saya ke puskesmas terdekat, ternyata tengsi saya 70, lemas sekali dan lidah terasa pahit, perawat bilang kalau saya kurang tidur. Ibu saya pun memulai ceramah (alias ngomel-ngomel), biasalah ibu kalau sayang anaknya. Wkwkwk

Sekitar tiga hari setelah saya sakit, saya pun sadar dan memulai hidup baru, lembaran baru tanpa ada game di layar HP. Alhamdulillah, kebiasaan buruk saya itu sudah agak berkurang, walaupun di angan-angan kangen main PUBG, Saya pun mulai serius mengerjakan skripsi yang sudah beberapa bulan tidak saya kerjakan (jangan di ikuti ya sobat). Setelah lupa kesehatan sendiri karena game, eh malah saya lupa menjaga kesehatan karena ngeblog dan skripsian.

Lama duduk membuat perut saya buncit, pinggang saya sakit, sampai mata sepet karena kelamaan berhadapan dengan laptop. Duh, mata sepet saat sedang skripsian itu menyakitkan sekali sobat, konsentrasi menghilang, target pun melayang. Sebenarnya bulan Juni yang lalu saya sudah menargetkan wisuda, tapi apalah daya, mata sepet membuat saya harus bersabar menunggu periode bulan September nanti.

Bukan hanya itu saja, mata sepet yang saya alami membuat banyak sekali lomba blog yang tidak bisa saya ikuti, toko konter yang jarang saya buka, layanan service elektronik macet,  hingga ketidakpercayaan diri saya ketika bertemu dosen dan teman kampus.

Jadi sobat selain saya kuliah saya juga usaha dari jual pulsa, aksesoris HP, jasa service HP dan Laptop,  hingga menjadi kuli bangunan, semua pekerjaan saya lakukan demi mencari uang untuk pembayaran SPP kuliah. Ini asli sobat, bukan cerita yang saya buat-buat.

Kembali ke mata sepet tadi, orangtua saya akhirnya menyarankan untuk membeli kaca mata anti blueray. Hari-hari berlalu, walaupun sudah memakai kaca mata, sama saja mata sepet masih datang mengganggu konsentrasi. Tidak enak sekali, rasanya panas hingga menyebabkan kepala saya pusing.

Saya coba searching di google ternyata mata sepet yang saya alami adalah penyebab yang membuat mata saya kering dan kalau tidak diatasi sedini mungkin dapat menimbulkan masalah kesehatan mata yang lebih besar. Untung seribu untung saya memiliki Ibu yang luar biasa ajaibnya, selalu tau, dan selalu ada saat dibutuhkan, Ibu saya langsung buka lemari dan kasih saya sebuah produk tetes mata, mata kering saya pun hilang hanya membutuhkan beberapa menit.

Mau tau apa produk tetes mata itu? Santai sobat, pasti sobat akan tau dan mungkin sudah tau dari judul postingan ini.  Tapi yuk sobat, saya mengajak kita semua untuk terlebih dahulu mengenal dan memahami apa saja gejala mata kering.

Insto Dry Eyes
Perlu sobat ketahui kalau mata sepet adalah salah satu penyebab gejala mata kering. Mata perih dan mata pegel juga mengindikasikan bahwa sobat mengalami gejala mata kering. Berdasarkan sumber yang saya dapatkan bahwa mata kering merupakan kondisi dimana mata kita tidak mendapatkan pelumasan yang memadai dari air mata sehingga mata kita tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing lainnya yang mengganggu dan membuat mata kita terasa tidak nyaman. Mata sepet, mata perih, dan mata pegel adalah kondisi mata yang dapat menyebabkan mata kering.
Insto Dry Eyes
1. Mata Sepet
Kondisi mata penyebab gejala mata kering yang pertama akan kita bahas adalah mata sepet. Mata sepet adalah kondisi dimana mata terasa melekat dan tidak enak ketika hendak berkedip. Mata sepet ini juga ditandai dengan penglihatan yang saru atau buram.

2. Mata Perih
Penyebab gejala mata kering yang kedua adalah mata perih, mata perih merupakan kondisi mata yang terasa perih dan sedikit berair, ini juga sering saya alami ketika main laptop sambil tidur. Keadaan mata kita kalau perih itu berdasarkan pengalaman saya tidak bisa terkena cahaya yang keras, pasti langsung perih.

3. Mata Pegel
Dan yang ini yang terakhir yang juga saya sering alami adalah mata pegel, teringat saya dulu, main game dari malam sampai pagi, mata pegel ini sobat berdasarkan pengalaman saya dulu, mata sakit pas dibuka dan berat untuk melihat, juga terasa ada yang menekan-menekan dibagian atas kelopak mata.

Siapa sih yang bisa terkena mata kering? walaupun menurut penelitian mengatakan bahwa wanita mayoritas yang paling banyak terkena, tapi semua orang bisa juga memiliki peluang untuk mengalami mata kering, baik itu orang kota atau kampung, dewasa atau anak-anak, perempuan atau lelaki semua bisa saja berpeluang mengalaminya apabila aktivitas-aktivitas penyebab mata kering selalu dilakukan setiap hari dan menjadi sebuah kebiasaan.

Insto Dry Eyes
Jadi sobat selain menatap layar smartphone dan laptop kesayangan dengan waktu yang lama dan faktor usia, ada beberapa juga nih aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan mata kering, aktivitas-aktivitas ini terkadang dianggap biasa oleh sebagian orang dan termasuk saya dulu. Inilah beberapa aktivitas-aktivitas itu:

1. Nonton Konser dan Bioskop
Sobat pernah tidak menyadari bahwa nonton konser dan bioskop dapat membuat mata kering?, jika pernah, maka sobat benar. Jadi sobat lampu sorot panggung konser atau layar bioskop yang terlalu keras dan biasanya kita berada pada tempat yang lebih gelap dapat memicu terjadinya kekeringan pada mata.

2. Berkendaraan Tanpa Helm
Bagi sobat yang suka memakai motor, selain bahaya bagi keselamatan, tidak pakai helm saat berkendaraan juga bahaya lo bagi kesehatan mata, asap dan debu yang masuk ke mata akan berakibat pada penyerapan air mata dan membuat air mata kita kering.

4. Binge-Wathcing
Nih untuk sobat yang suka nonton drama Korea sampai berepisode-episode, hati-hati lo, kegiatan tersebut bahaya bagi mata sobat. Nah bagi sobat yang belum tau binge wathcing itu apa, nih saya jelasin sedikit. Jadi sobat penjelasan singkatnya, binge wathcing adalah kegiatan menonton film yang berepisode dengan waktu sekali duduk. Kalau masih belum jelas, coba sobat searching nanti.

5. Liburan di Musim Panas
Liburan di musim panas juga salah satu aktivitas yang bisa membuat mata kita kering lo sobat, terlalu sering liburan di musim panas juga bisa bahaya lo sobat, karena iklim juga akan mempengaruhi tubuh kita.

6. Menggunakan Hair Drayer dan AC
Seperti musim panas, efek panas pada hair drayer juga bisa berefek pada kadar mata air kita lo sobat. Sebaliknya selalu berada pada ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan mata kita perih.

Jadi sobat itulah beberapa aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan mata kering, lalu bagaimana cara mengatasi mata kering? Apa dikucek-kucek? Eets sobat, memang mengucek mata enak, tapi bahaya lo kalau mengucek mata, bisa jadi dapat menyebabkan iritasi yang lebih besar. Nah, makanya dibawah ini, saya akan membagikan cara bagaimana saya mengobati mata kering saya pada saat itu.

Insto Dry Eyes
Untuk mengatasi mata sepet, mata perih, dan mata pegel yang membuat mata saya kering, ada beberapa cara yang pernah saya lakukan untuk memenuhi kebutuhan air di mata saya, saya yakin tips  ini sangat mudah dan cocok serta ampuh juga untuk mengatasi gejala mata kering yang mungkin sobat alami sekarang ini. Sobat mau tau apa saja cara saya mengatasi gejala mata kering? Yuk, Kita akan bahas satu-persatu:

1. Minum Air Putih
Sobat pasti sudah tau kan bahwa tubuh kita sebagian besar tersusun dari air, apalagi kelopak mata kita, para ahli pun menyarankan kita agar minum 7-8 gelas air setiap hari. Memang benar sobat, setelah saya rutin meminum air, ternyata tidak hanya membuat mata saya tidak mengalami kekeringan, rutin meminum air juga membuat kita segar dan pencernaan lancar.

2. Tidur Secukupnya dan Jangan Begadang
Belajar dari pengalaman buruk saya sobat, jangan deh coba-coba terbiasa begadang, selain turun tengsi, badan kurus, dan lemes, begadang juga membuat asupan air di mata kita sedikit alias mengalami kekeringan. Tidurlah dengan cukup ya minimal 7 jamlah, intinya jangan sampai tidak tidur atau mengganti waktu tidurnya seperti pengalaman saya diatas.

3. Jangan Lupa Berkedip
Benar sobat, cara saya untuk mencegah kekeringan pada mata saya adalah saya biasakan mengingat diri untuk berkedip, ini memang asli sobat, kalau saya sedang main game atau pegang laptop, ternyata kalau saya amati diri dulu, saya jarang sekali berkedip, padahal berkedip adalah salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya kekeringan pada mata. Oleh sebab itu, semenjak saya pensiun dari game, saya biasakan diri untuk berkedip dan menyirahatkan beberapa menit mata saya setelah lelah memandang gawai.

4. Pakai Kaca Mata Hitam di Siang Hari dan Kaca Mata Anti Radiasi
Jarak antara kampus dengan rumah saya sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor sobat, dan biasanya kalau saya pergi ke kampus, saya biasakan diri untuk menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terlalu keras dan paparan asap motor secara langsung. Selain itu sobat, saya juga membiasakan diri agar selalu memakai kaca mata anti radiasi ketika menggunakan gawai untuk mencegah sinar biru yang tidak baik masuk langsung ke mata.

5. Hindari Penggunaan Gawai Yang Berlebihan
Menggunakan gawai memang penting sobat, namun juga berbahaya apabila kita salah dan terlalu berlebihan menggunakannya, walaupun kita sedang bekerja sekalipun, hindari penggunaan gawai dengan waktu yang berlebihan, istirahatkan diri sejenak dan buat target kegiatan dengan rinci, sehingga penggunaan gawai bisa lebih efektif dan tidak menyiakan waktu serta mengganggu kesehatan mata kita.

6. Siap Sedia Obat Tetes Mata Steril
Cara yang terakhir ini menurut saya paling ampuh sobat, tidak hanya dapat mengatasi mata sepet saja, obat tetes mata steril ini juga dapat mengatasi mata perih, mata pegel dan mata lelah dengan cepat sehingga mata kering tidak pernah datang mengganggu konsentrasi saya lagi, saya pun sudah kembali membuka jasa service dan toko konter, selain itu proposal skripsi saya pun sekarang sudah rampung, siap untuk dikonsultasikan besok bagi berkat tetes mata steril ini, iya benar sobat tetes mata steril itu adalah Insto Dry Eyes, dengan Instro Dry Eyes saya bisa mengatakan Bye Mata Kering.
Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes

Pasti sobat bertanya-tanya, kenapa sih harus Insto Dry Eyes? apa jangan-jangan karena kamu ikut lomba blog Insto Dry Eyes ini kamu menyarankan saya?

Tidak sepenuhnya benar sobat, Insto Dry Eyes ini memang benar-benar berkhasiat bagi saya dan keluarga saya, ini review jujur saya, ketika adik saya sakit mata karena belajar menghadapi olimpiade kemarin, dia langsung mengobatinya dengan Insto Dry Eyes, dan alhamdulillah mata perihnya tidak balik lagi, dan adik saya mendapatkan juara umum.

Adik saya yang paling kecil masih SD pun kemarin matanya merah karena sering main game, dan alhamdulillah berkat Insto Dry Eyes matanya Adik Dimas sehat sekarang.

Memang Insto ini dari dulu banget, saya inget betul pas saya kecil dan sakit mata, Insto adalah pilihan ibu saya untuk mengobati mata saya, dulu sebelum Instro Dry Eyes ini ada, ada Instro Reguler yang terkenal.

Ada juga beberapa alasan mengapa Insto Dry Eyes menjadi solusi terbaik mengatasi mata kering, yang pertama Insto merupakan brand tetes mata nomor 1 di Indonesia dan sudah terbukti dengan mendapatkan beberapa penghargaan. Yang kedua harganya terjangkau khasiatnya memukau, kemarin saya beli Insto Dry Eyes harga hanya belasan ribu sobat. Yang ketiga adalah produk Insto aman sobat karena sudah terdaftar di BPOM, jadi selow sobat. Yang keempat adalah praktis, Insto Dry Eyes memiliki kemasan yang sangat praktis dan warna kemasan yang bagus, jadi mau dibawa kemanapun tetap bisa.

Jadi sobat tunggu apalagi, yuk segera atasi mata kering sobat dengan Insto Dry Eyes dan nikmati keseruanmu kembali. Biar tambah greget yuk tonton iklan Insto Dry Eyes dibawah ini:


Catatan:
Tulisan di atas berdasarkan kisah nyata kehidupan penulis yang kemudian diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Insto (Istro Dry Eyes Blog Competition)

Sumber Gambar:
- Dokumentasi Pribadi
-

Infografis By:
- Lalu Teguh Jiwandanu


Daftar Referensi:
https://insto.co.id/eyeducation
https://lifestyle.kompas.com/read/2013/09/17/1629359/6.Kriteria.Karyawan.yang.Diincar.Perusahaan
https://www.alodokter.com/mata-kering


#Insto #BukaMataBukaInsto #InstoDryEyes #ByeMataKering #Dryeyeducation



11 Responses to "Insto Dry Eyes Solusi Mengatasi Mata Kering Saat Skripsian "

  1. mantap bro komplit banget.
    btw gaya main smartphonenya kayaknya harus dikurangi tuh biar gak over hehehe

    salam blogger dan salam HOKI

    ReplyDelete
  2. Semoga segera wisuda ya...
    Pas baca jangan lupa berkedip, saya jadi kedip-kedip nih. Terima kasih sudah diingatkan..

    ReplyDelete
  3. Insto memang si kecil yang bermanfaat untuk kita yang sehari-harinya akrab dengan gawai. Good luck ya mas 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak, di rumah Insto memang andalan keluarga. Terima kasih mbak sudah mampir :)

      Delete
  4. Infografis penyebab mata kering nya keren, model sendiri.. �� emang Insto ini keren, kecil-kecil berjasa besar.. bye mata kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget gan, Insto memang khasiatnya mantap. Terimakasih sudah berkunjung gan

      Delete
  5. Kalau pergi kemana pun selalu bawa insto sih, karena emang bisa diandalkan ketika mata kering atau kena debu hehe, maklum sering keluar kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ternyata semua andelin Insto. :D. makasih mbak udh mampir.

      Delete
  6. Tosss yaa. Aku juga selalu sedia insto di tas biar bisa ku bawa ke mana2. Apalagi kalo kondisi mata lagi kering so pasti dibutuhin banget. Ngerasain juga kok kalo lagi skripsian mata kudu ekstra bekerja keras madepin laptop. Itu yg kadang2 bikin mata pegel kan. Huhu~~~

    ReplyDelete

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ulasan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel